Gerakan Olahraga HIIT Untuk Pemula (3 – selesai)

Agestia Jatilarasati | 26 Januari 2019 | 05:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Latihan kardiovaskular adalah jenis olahraga yang paling murah dan mudah dipraktikkan. Ada latihan dengan intensitas tinggi atau yang lebih dikenal dengan high intensity interval training (HIIT), yakni kombinasi latihan intensitas tinggi dengan sedang dan rendah berdurasi 5-25 menit.

- Alternating side lunges

Dua gerakan terakhir berupa variasi gerakan lunges untuk melatih kekuatan kaki. Alternating side lunges merupakan gerakan lunges ke arah samping. Berdirilah tegak dengan tangan diletakkan di depan dada, arahkan kaki kanan ke sisi sebelah kanan lalu tekuk. Setelah itu kembali ke posisi semula dan lakukan gerakan serupa menggunakan kaki kiri. Lakukan selama 45 detik secara konstan lalu istirahat lagi 10 detik.

- Jumping lunges

Jumping lunges adalah gabungan gerakan lunges dan melompat. Caranya, berdirilah tegak lalu melompat dan arahkan kaki kiri ke depan sementara kaki kanan ke belakang. Tekuk kaki kanan hingga membentuk 90 derajat. Lakukan selama 45 detik.

“Gerakan ini melatih semua bagian tubuh. HIIT melatih otot sekaligus membakar kalori. Jeda di setiap rangkaian dapat melatih ketahanan sekaligus pemulihan tubuh. Lakukan rangkaian ini sebanyak dua kali dengan jeda istirahat selama 2 menit per rangkaian. Jika baru mencoba HIIT maka Anda bisa mengurangi waktu tiap gerakan sesuai dengan kemampuan,” ujar pelatih dari pusat kebugaran The Fhitting Room, New York, AS, Melody Scharff.

selesai

(ages / gur)

Penulis : Agestia Jatilarasati
Editor: Agestia Jatilarasati
Berita Terkait